Cari Blog Ini

29 Maret 2012

Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pendidikan

Penyempurnaan kurikulum dilakukan sebagai respon terhadap tuntutan perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, tuntutan desentralisasi, dan hak asasi manusia. Oleh karena itu, bahan kajian yang harus dikuasai oleh siswa disesuaikan dengan tuntutan-tuntutan tersebut. Selain itu, bukan hanya bahan kajian saja yang harus dikuasai oleh siswa tetapi juga kompetensi untuk menggali, menyeleksi, mengolah dan menginformasikan bahan kajian yang telah diperoleh meskipun telah menyelesaikan pendidikannya. Dengan demikian, siswa memiliki bekal berupa potensi untuk belajar sepanjang hayat serta mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Salah satu fasilitas untuk menunjang kompetensi tersebut siswa perlu dikenalkan dengan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) yang berfungsi sebagai bahan maupun alat pembelajaran.
Dalam dasawarsa terakhir, bidang informasi dan telekomunikasi mengalami revolusi khususnya untuk perangkat audiovisual, mobile phone dan komputer. Teknologi tersebut telah mengubah cara hidup masyarakat dan berpengaruh terhadap beberapa aspek kehidupan. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dipersiapkan untuk mengantisipasi dampak perkembangan teknologi khususnya bidang informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran ini perlu dikenalkan, dipraktekkan dan dikuasai oleh siswa sedini mungkin agar siswa memiliki bekal untuk menyesuaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Untuk mengetahui kemampuan atau kompetensi apa saja yang seharusnya dimiliki guru TIK di Sekolah Menengah Pertama, diperlukan analisis kompetensi dari berbagai sumber yang mengarahkan guru tersebut dapat memenuhi kriteria guru professional dalam mata pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama. Kompetensi yang dimiliki tersebut harus melebihi dari kompetensi yang harus dimiliki siswa. Oleh karena itu, kami menganalisis berbagai sumber untuk mengetahi kemampuan apa saja yang seharusnya dimiliki guru TIK di Sekolah Menengah Pertama, antara lain berdasarkan :
·      PERMENDIKNAS Nomor 16 Tahun 2007 
·      Buku-buku sumber tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi
selengkapnya >> Pelatihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung.
for more info, please follow me on twitter @imanatep

Pengikut

Info

Iklan Rumah Gratis